apalah arti memiliki jika diri ini bukan milik sendiri, apalah arti mengerti jika tak ada implementasi, apalah arti memenangi jika dengan mencurangi. Seperti sebuah kalung hijau ini, ku mengenal arti kebersamaan, konsistensi, kesetiaan, kesatuan, dan keberhasilan sejati


PKN STAN: RAHASIA LOLOS

<RAHASIA LOLOS PKN STAN>
#RAHASIALOLOSPKNSTAN
Hai Sobat Kalung Hijau, welcome to my blog
Firstly, saya mau say hai sama netijen yang sempetin buat baca tulisanku ini, dan saya berterima kasih banyak udah mampir di sini.
Ini pertama kalinya saya mulai lagi ngeblog berbagi apa saja yang ingin dibagikan setelah lama hilang tak kabar, blog yang lama pun udah gatau emailnya yang mana dan udah pada kehapus semua, wadu wadu jadi saya putuskan untuk buat baru lagi memulai dari awal lagi deh, ciyee blog baru.....okey btw biar makin deket nih sama saya, gimana kalau kita kenalan dulu nih sob, yang mau kenal saya bisa email aja hehe terus sobat perkenalan diri lewat komen yak, cukup nama dan asal dari mana, gausah pake curhat haha, saya asli dari Tegal tepatnya di Desa Banjaragung Kecamatan Warureja, gini gini saya dari desa lho yah jangan salah, saya bukan orang kota.
Itu saja ya buat perkenalannya, kalo mau lebih kenal bisa ketik nama saya aja di search google pasti ntar muncul dah, beneran saya ga bohong, ga percaya buktiin aja hehe
Nah kenalan udah nih, sekarang saya mau ceritain sedikit saja, singkat aja tentang perjalanan aku lolos usm stan tahun 2015, ceritanya mau flashback nih, yaelah udah 2018 baru aja ceritain yang udah lalu banget, move on bro, gpp sob bukannya saya gabisa move on tapi mau sekilas nengok aja sama pengalaman yang udah saya lalui kan itu juga salah satu pesan terkenal dari Bung Karno, yaitu jas merah ( jangan sekali-kali meninggalkan sejarah). Sejarah masa lalu juga penting buat pelajaran di masa depan (kandungan surat al-hasyr ayat 18).
Okey jadi ceritanya, ketika saya lulus mts saya lanjut di smk, gatau saat itu alasannya apa tapi saya pilih smk daripada sma, dulu sih aku beranggapan kalo di smk kan bisa lanjut kuliah atau bisa lanjut kerja, lebih fleksibel lah intinya, terus saat saya masih duduk di bangku (bangku apa kursi :D) smk, saat itu kelas satu saya belum tau apa itu STAN tapi saya mulai sedikit tau dari cerita orang orang yang bercerita ke saya, dan sedikit demi sedikit saya tau saya semakin tertarik buat lanjut di situ, saya lebih sering kepoin lagi akhirnya kan, sampai akhirnya saya mendengar kabar bahwa kaka kelas yang deket sama saya lolos STAN tahun 2013, saya pun lebih termotivasi lagi buat belajar darinya dan lebih terpacu semangatnya agar saya juga bisa seperti dia. Saya membeli buku prepare kumpulan soal soal usm stan, dan dari situ saya berlatih, saya punya niatan latihan terus terusan untuk persiapan itu meskipun realisasinya hanya seminggu, sebulan sekali  atau kalau sempet aja, saya awalnya merasa kesulitan dan sempat juga saya merasa ragu sama kemampuan saya, tapi dengan tekad yang kuat saya yakin aja.
Singkat cerita saya udah mau un, dan pada bulan bulan itu ada snmptn, saya disarankan agar ikut juga jadi saya pun ikut tapi saat snmptn tersebut saya memilih secara ngasal, pokoknya ngasal dah pilihan prodi dan kampusnya, secara saya anak smk berat lah buat lolos snmptn, karena dilihat dari statistik yang ada baik smk terbaik di tegal atau pemalang pun ya kalo ada anak lolos snmptn paling mentok di ptn ptn itu itu aja dan jumlahnya sedikit, jadi saat saya snmptn saya sendiri pun bisa menilai kalo saya 98% ga lolos, gila yah kok gitu yah saya, saya emang sengaja gitu, soalnya udah niat buat lanjut di STAN, taun 2015 saya fokuskan buat daftar STAN karena usia saya yang udah 19 tahun di 2015 dan syarat usm stan batas usia maksimal 20 tahun pas ga boleh lebih seharipun jadi saya cuma punya satu kesempatan buat masuk STAN, hanya di tahun 2015, menjadi kesempatan pertama dan terakhir bagi saya makanya saya punya plan gitu ga ada niatan masuk PTN, saya niat ga niat daftar ptn ikut snm dan benar saja saat pengumuman snm pun hasilnya saya ga lolos, anehnya saya merasa agak sayang gitu padahal itu ulah saya sendiri, rasa sayang itu lebih terasa ketika bulan itu udah bulan mei tapi tak ada kabar apapun dari STAN, padahal di tahun sebelumnya STAN buka pendaftaran bulan juni, malah ada simpang siur kabar bahwa di tahun 2015 STAN ga buka karena kebijakan moratorium, khawatir STAN ga buka beneran kayak di tahun 2012 ga buka, akhirnya saya ikut sbmptn buat plan b nya.
saya ikut sbmptn dengan hanya mengandalkan keberuntungan, belajar hanya 2-3 hari sebelum tes tertulis sbm, itu pun baca lks waktu mts mapel ips, jadi ya gitu dah saya sama aja ga belajar, materinya ga sesuai sama soal. hari H tanggal 9 Juni 2015 saya numpang ikut sepupu yang sama sama ikut sbm, tempatnya sama sama di Semarang jadi kita bareng, saat mengerjakan saya bener bener pertama kalinya liat soal sbm bentuknya kayak apa ngerjainnya gimana, saya bolak balik kertas soal untuk soal yang pernyataan2 itu, jawaban a jika penyataan 1 benar bla bla bla gitu dah, saya inget waktu itu kerjain semuanya soal yang ada. Saat selesai ujian malah saya diketawai sama temen yang sama sama dari daerah asal.
Selesai ikut sbm saya masih menunggu kabar darinya, masih berharap kalau taun 2015 buka. Sampai tanggal pengumuman sbm tiba tanggal 9 juli 2015 pun belum ada kabar, alhamdulillah saya lolos sbm. Pada tangal 15 Juli keluar peraturan menteri keuangan yang menyatakan bahwa STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) bereformasi menjadi PKN STAN (Politeknik Keuangan Negara STAN). Selanjutnya muncul peraturan bahwa biaya pendaftaran diubah, dari hal itu mulai ada tanda tanda akan adanya pendaftaran. Tanggal 5&6 Agustus saya registrasi di kampus yang saya lolos sbm, dalam perjalanan pulang regis tgl 7 tepatnya baru muncul resmi pengumuman pendaftaran PKN STAN, saya sebenernya udah mengurungkan diri buat daftar tapi karena dorongan dari beberapa pihak dan emangnya minatnya saya jadi saya pun daftar, tes tertulis tahap 1 dilaksanakan tanggal 30 agustus, saya selesai ospek kampus waktu itu. Jadi sembari sibuknya tugas ospek saya sempetin latihan.
Tes tahap pertama kujalani, ku berangkat dengan teman sedaerah baru kenal hari itu juga, mas habibi namanya, dia juga sama ikut pmb. Saya mendapat tempat di smk 7 semarang. Tes tahap 1 ini adalah tes tertulis yang terdiri dari TPA (Tes Potensi Akademik) dan TBI (Tes Bahasa Inggris), tpa berjumlah 120 soal dikerjakan dalam waktu 100 menit sementara tbi berjumlah 60 soal dikerjakan dalam waktu 50 soal. Tes pun berakhir saya bertemu dengan temen sesekolah yang ikut juga, dia bertanya gimana soalnya tadi, kita sama sama merasa kesulitan terutama bagian tbi tapi ya antara yakin tidak yakin apa boleh buat kita serahkan saja hasilnya sama yang maha kuasa, hanya bisa berdoa setelah usaha.
Akhirnya pengumuman tahap 1 keluar dan alhamdulillah saya search ada nama saya, yang artinya saya lanjut ke tahap berikutnya. Berselang 5 hari kemudian waktunya  tes kesehatan dan kebugaran, memang pendaftaran/PMB PKN STAN di tahun 2015 termasuk mepet banget karena udah mau masa perkuliahan baru bahkan rata rata di kampus lain sudah masuk kuliah, saya juga sempet kuliah satu bulan di kampus saya yang lama sebelum akhirnya saya pindah ke kampus yang saya cita citakan. saya mendapat jadwal tes hari kedua sesi pertama, saya berangkat petang dan mendapat antrian nomer 58 waktu, tes kesehatan diantaranya ada tes tinggi badan berat badan, visus mata, buta warna, mcu, setelah dinyatakan lanjut untuk tes kebugaran. Jadi bisa aja nih peserta gugur dari tes kesehatan ini tergantung keputusan dokter. Saya lanjut tes kebugaran, meliputi lari selama 12 menit dan shuttle run membentuk angka 8. Tes selesai saya balik ke kampus dan kuliah selayaknya seorang mahasiswa dan tinggal menunggu hasil. Tepat tanggal 20 September keluar tuh pengumumannya, pengumunannya lebih cepat sehari dari yang dijadwalkan jadi ya bikin kaget wesetet kan...pagi pagi saya dapat ucapan dari abdur rafi, adik kelas saya, dan saya cek alhamdulillah saya lolos. Tanggal 24 September 2015 saat itu lagi hari raya qurban, selesai sholat id, saya ditemani bapa saya berangkat menuju bintaro, tangerang selatan  dan untuk pertama kalinya menginjakkan kaki di kampus tercinta ini.
Nah singkat kan ceritanya hehe :D jadi dari pengalaman yang udah saya lalui mungkin bisa ditarik pesan moralnya apa, hastag pesan moral ( #pesanmoral) :v 
Bro judulnya kok rahasia lolos PKN STAN ? mana rahasianya bro..
tenang, sans, kini saatnya kita bongkar, mengungkap rahasianya
Rahasianya " Tidak ada rahasia untuk lolos PMB PKN STAN ini ya"
jadi sebenernya sobat sobat sekalian juga sudah tahu rahasia apa dan bagaimana seseorang bisa sukses, jadi hal itu bukan sebuah rahasia lagi melainkan sebuah rahasia umum, begitupun dengan cara agar lolos masuk PKN STAN, sobat sobat sudah tau kan, intinya dalam diri sobat ada kemauan untuk mendapatkan itu, dan kemauan tersebut bukan cuma kemauan saja tapi diiringi dengan usaha dan doa kepada tuhan, pengen lolos PKN STAN tapi ga daftar ya gimana mau jadi mahasiswa PKN STAN, butuh proses, semuanya saling berkaitan dan semakin sobat melakukan kombinasi itu dengan konsisten maka semakin dekat sobat dengan apa yang sobat inginkan.
so enough buat postingan kali ini see you di postingan berikutnya dan semangat buat sobat sobat yang akan lanjut di kampus keuangan negara.



Tangerang Selatan
#salamkalunghijau  
Jangan lupa tinggalkan komentar yak hehe




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PKN STAN: RAHASIA LOLOS"